Ketentuan dan Manfaat Asuransi

Diposting pada

Asuransi Perjalanan Pesawat

Asuransi Perjalanan Pesawat – Kalo kamu pernah naik pesawat, kamu pasti pernah ngalamin yang namanya delay. Ini sudah jadi hal umum banget sih. Durasi delay pesawat ini beda-beda, ada yang cuman 1 jam ada yang sampe 5 jam. Bayangin harus nunggu delay selama itu, pasti bakal capek dan sia-sia banget.

Asuransi Perjalanan Pesawat
Asuransi Perjalanan Pesawat

Nah, kamu tau nggak sih kalau ternyata delay di perjalanan itu bisa diubah jadi uang. Caranya adalah kamu harus daftar asuransi perjalanan pesawat. Pernah dengar informasi seputar asuransi perjalanan pesawat? Kalau belum bisa nih simak ulasan di bawah ini. Dijamin nggak bakal rugi. Asuransi Rawat Jalan Terbaik

Apa Itu Asuransi Perjalanan Pesawat ?

Betapa Pentinganya Asuransi – Asuransi perjalanan pesawat adalah asuransi yang bakal kamu dapatkan saat melakukan pembelian tiket pesawat. Biasanya ada pilihan, apakah kamu mau pake asuransi perjalanan pesawat atau nggak. Kalau kamu pilih iya, nanti akan ada biaya tambahan yang harus dibayar. Penawaran ini bakal kamu dapet baik lewat pembelian tiket pesawat online atau offline.

Kalo kamu belum pernah pake asuransi perjalanan mungkin kamu bakal mikir, buat apa bayar asuransi. Reaksi itu bakal berubah setelah kamu tau apa aja manfaat yang bakal kamu dapat setelah bayar asuransi perjalanan pesawat. Asuransi ini namanya MNC Insurance.

Asuransi jenis ini tersedia untuk penerbangan domestik dan internasional. Tapi biasanya asuransi untuk penerbangan internasional bisa lebih laris sih. Salah satu alasannya karena kamu butuh asuransi ini untuk mengcover kejadian nggak terduga selama bepergian.

Kejadian nggak terduga itu ada banyak ya, contohnya sakit dan harus rawat inap. Nah, asuransi perjalanan ini bisa dipake.

Berarti asuransi perjalanan itu berlaku PP? Kebanyakan asuransi perjalanan pesawat memang nawarin yang sifatnya PP tapi ada juga kok asuransi one away. Pastinya asuransi ini punya syarat dan ketentuannya masing-masing. Dan setiap asuransi bakal nawarin hal yang beda. Jadi kamu harus cermat dan teliti mencerna informasinya.

Ketentuan Asuransi Perjalanan Pesawat

Biar bisa dapetin asuransi penerbangan pesawat, apa aja yang harus disiapin? Terus gimana cara klaim asuransinya? Lanjut baca lagi! Disini bakal dijelasin apa-apa aja yang bisa dan nggak bisa kamu dapatkan dari asuransi perjalanan pesawat.

Ketentuan Asuransi Perjalanan Pesawat
Ketentuan Asuransi Perjalanan Pesawat

Jadi asuransi perjalanan ini cuman bisa kamu akses dari Blibli. MNC Insurance cuman berlaku buat perjalanan PP yang start dan finishnya di Indonesia. Batasan usianya mulai dari 1 tahun sampai 65 tahun, untuk WNI dan WNA yang punya KITAS. Kalau kamu mau pake asuransi ini, ada beberapa batasan yang nggak bisa dicover, berikut daftarnya.

  • Asuransi ini nggak menjamin segala hal yang berkaitan dengan kehamilan sampai persalinan atau keguguran.
  • Kamu hanya boleh daftar asuransi perjalanan pesawat kalau tubuhmu benar-benar sehat.
  • Ada beberapa daftar negara yang nggak bisa dicover oleh MNC Insurance. Informasi seputar negara apa saja bisa kamu lihat di website resmi mereka.

Kamu bisa mengajukan klaim asuransi selama 30 hari setelah kejadian. Bawa bukti-bukti yang menunjukkan kamu melakukan penerbangan dan mengalami masalah di penerbangan. Bawa juga data diri yang kamu pakai saat mendaftar asuransi. Setelah itu tinggal nunggu prosesnya klaimnya selesai.

Manfaat Asuransi Perjalanan Pesawat

Secara umum, manfaat yang bakal kamu peroleh dari pembelian asuransi perjalanan pesawat adalah asuransi ini mengcover pembayaran dan biaya tak terduga yang kamu alami selama di perjalanan.

Manfaat Asuransi Perjalanan Pesawat
Manfaat Asuransi Perjalanan Pesawat

Kejadian yang dimaksud bisa diperjalanan bisa juga saat kamu di bandara. Manfaat asuransi pesawat bakal terasa banget kalau kamu sering bolak-balik naik pesawat.

Emang apa aja manfaatnya? Ini dia Poin – Poinnya

  1. Memberikan kompensasi saat terjadi kecelakaan sampai kematian. Mungkin kalau kamu mati, kompensasi ini nggak bakal berguna buat kamu, tapi setidaknya itu bisa dipakai oleh keluarga kamu. Apalagi kalau kamu tulang punggung keluarga.
  2. Kompensasi untuk hal-hal yang bikin nggak nyaman selama di bandara. Hal-hal nggak nyaman itu bisa berupa delay pesawat, delay bagasi, barang hilang atau rusak, pembatalan tiket dan kesulitan waktu transit.

Melewati hal-hal itu tentu membutuhkan banyak waktu dan kamu bakal kehilangan banyak waktu juga untuk hal yang nggak bisa kamu kendalikan. Asuransi perjalanan pesawat ini dibuat untuk membantu mengurangi masalah kerugian itu.

  • Kompensasi gangguan ketika transit. Gangguan ini bisa mencakup banyak hal seperti bencana alam dan aksi terorisme. Saat gangguan ini terjadi, banyak hal yang nantinya bergerak nggak sesuai jadwal. Kamu harus mengatur ulang semua jadwal mu, termasuk jadwal penerbangan selanjutnya.

Karena hal itu akan sangat merugikan kamu baik secara waktu, tenaga dan materi, maka asuransi perjalanan pesawat menyiapkan kompensasi untuk ini.

Cakupan yang Ditanggung

Cakupan yang ditanggung oleh asuransi perjalanan pesawat saat ini ada 6 hal dan mencakup dua rute perjalanan, domestik dan internasional. Kamu bisa ajukan klaim asuransi kalau syarat dan kejadian yang terjadi di lapangan sesuai sama standar dari pihak pemberi asuransi.

Jadi, apa saja cakupan yang ditanggung oleh asuransi perjalanan pesawat?

  1. Kecelakaan, Kematian dan Cacat Total Permanen

Ini adalah insiden yang nggak diharapkan siapapun tapi kalau kamu kebetulan mengalami salah satu dari ketiga hal it, kamu bakal dapet kompensasi maksimal Rp 100 juta untuk perjalanan domestik dan internasional.

  1. Keterlambatan Penerbangan

Nah, ini yang tadi dibahas, delay pesawat. Kalau pesawat yang kamu tumpangi delay kamu bisa nunjukin bukti ke penyedia asuransi buat dapetin kompensasi. Kalo delaynya 1 jam kamu bakal dapet fee Rp 150 ribu.

Delay 3 jam, kompensasinya Rp 350 ribu. Kalau delay nya sampai 4 jam, kompensasinya Rp 500 ribu. Kompensasi maksimal dari masalah delay ini adalah Rp 3 juta.

  1. Keterlambatan Bagasi

Bagasi delay itu bisa sampe berjam-jam juga. Kalau sudah begini, pasti kamu bakal rugi kan. Harusnya udah sampai lokasi tujuan malah terjebak di bandara. Kompensasi yang bakal kamu dapat dari delay bagasi ini adalah Rp 500 ribu sampai Rp 3 juta. Kamu harus teliti soal waktu, biar nggak rugi dua kali.

  1. Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

Karena kamu pake transportasi umum, hal apapun bisa terjadi termasuk kehilangan bagasi. Nggak ada yang mau hal ini terjadi, karena bisa jadi isi bagasi kamu lebih berharga dari barang apapun yang ada di dunia ini.

Tapi kalau kebetulan nasib sedang nggak baik, kamu bisa ajukan klaim asuransi dengan kompensasi maksimal RP 1 juta.

  1. Pembatalan Penerbangan

Asuransi untuk pembatalan penerbangan berlaku jika pembatalan dilakukan oleh tertanggung. Untuk perjalanan domestik, pembatalan penerbangan ini bisa dapat kompensasi RP 3 juta. Kalau perjalanan internasional, kompensasi pembatalan penerbangan Rp10 juta.

  1. Hambatan Menyambung Penerbangan

Hambatan menyambung penerbangan bisa terjadi saat kamu lagi transit. Untuk perjalanan domestik kompensasinya RP 2 juta dan perjalanan internasional kompensasinya Rp 5 juta.

Demikian penjelasan dari kami Tentang Manfaat dan Ketentuan Asuransi Perjalanan Pesawat, semoga bermanfaat sobat safelinknya.xyz

sumber : blibli.friends